5 Jenis Murai Batu

Jenis murai batu adalah termasuk burung kicau yang menarik mempunyai suara kicau merdu dan bentuk fisik yang menarik dengan warna hitam dan orange mempunyai ekor panjang bisa mencapai 25 cm sampai 30 cm oleh karena itulah murai batu banyak diminati oleh kicau mania.

Selain untuk lomba murai batu juga sudah banyak ditangkar para penghobi burung untuk melestarikan agar tidak punah dan untuk mencetak murai batu juara dengan silangan murai A dengan murai B, murai B dengan murai D atau nurai A dengan murai C.

Burang murai batu yang populer dan memiliki harga tinggi adalah murai medan dengan ciri fisik ekor panjang dan kicauan merdu serta pandai menirukan suara burung lain. Jika anda ingin memelihara burung murai batu silakan baca juga cara perawatan murai batu atau inigin brending ternak murai batu anda harus tau jenis kelaminnya perbedaan murai jantan dan betina

Sekarang kembali ke tema tema judul yaitu

JENIS MURAI BATU :

Murai Batu Borneo :

Ciri Murai Borneo yang berasal dari pulau kalimantan ini mempunyai panjang ekor 8 cm sampai 13 cm dan bodi agak kecil, tapi jangan pandang sebelah mata tentang murai mungil ini karena murai borneo termasuk jenis burung petarung mereka kalau di alam liar mendengar suara kicau burung lain maka dia akan membalas dengan kicau yg lantang dan ngotot murai jenis ini konon cepat gacor dan mempunyai mental bagus.

Murai Nias :Unggas ini gampang dikenali karena mempunyai fisik warna ekor hitam beda dengan jenis murai lainnya mempunyai dua warna yaitu hitam dan putih. Di hutan alam liar burung orange hitam ini jga termasuk agresif .Murai batu ini juga mempunyai kecerdasan menirukan kicau burung lain bodi standar rata rata dengan jenis unggas lainya kicau suranya juga merdu dan keras juga cepat gacor tak heran pula jika kicau mania banyak yang memelihara unggas jenis ini.
 Murai Aceh : Kenapa dinamakan murai aceh, karena burung ini banyak di temukan di daerah termasuk yaitu di kepulauan wilayah sumatra. Ciri fisik dari murai aceh adalah badan relatif kecil dari jenisnya panjang ekor rata rata 20 cm sampai 30 cm tapi jangan remehkan burung ini walaupun bodi relatif kecil kicauanya luar biasa yaitu murai batu aceh ini mempuunyai andalan dengan sering mengeluarkan kicau ngeroll panjang dan mental juga tak kalah dengan murai jenis lainya sebab itulah murai aceh ini banyak peminatnya.

Murai Lampung : Perbedaan burung ini dengan murai lainya adalah mempunyai ekor cenderung kaku dan panjang ekor berkisar antara 11 cm sampai 19 cm. Bodi relatif kecil namun burung murai aceh ini mempunyai jiwa petarung figther .
Murai Medan : Murai satu ini sudah terkenal di indonesia dan jadi fenominal dengan ciri fisik dan harganya juga lebih tinggi ketimbang murai lainya ciri fisik yg terkenal adalah bentuk ekor yg panjang melengkung panjang ekor bisa mencapat 27 cm sampai 30 cm lebih panjang dari jenis burung murai batu yg lainya. memiliki jiwa petarung dan pemberani mempunyhai lekukan lekukan kicau keras dan merdu.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »